Senin, 23 November 2015

Hardisk Bad Sector

Setelah sekian lama saya tidak posting kini saya akan mulai kembali dari kehiatusan saya

Alasan saya sempat hiatus kemarin tidak lain adalah karena memang ada urusan yang perlu saya selesaikan dan ada sedikit masalah dengan laptop saya

Karena urusan yang perlu saya selesaikan lebih mengarah ke privasi jadi tidak bisa saya bagikan, oleh karena itu kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya mengenai masalah yang menimpa laptop saya
Sejarahnya saya beli laptop saya ini kelas 2 SMA pada tahun 2011 dan sekarang sudah tahun 2015 jadi sekurangnya sudah ada 4 tahun lebih saya berteman dengan laptop saya ini. Sudah banyak sekali kejadian yang saya lewati bersama laptop saya ini, mulai dari kisah senang hingga sedih. Wah kaya novel aja ya...
tinggal mikirin nih endingnya mau sad ending atau happy ending ( nahloh ngomong apa sih )
Kembali kepermasalahan, jadi awalnya sih laptop saya menjadi lelet kemudian saat di restrat ulang muncul



Jadi dengan enteng saya pikir oalah Cuma gini doang masalahnya. Ini mah tinggal ikutin perintah pasti beres. Dan ternyata masalahnya ngga segampang itu terselesaikan pesan itu muncul lagi dan begitu berulang-ulang

Dan ternyata Harddisk internal laptop saya mengalami bad sector, alhasil laptop ngga bisa masuk ke OS windows Cuma sampe bios doang trus restart sendiri. Akhirnya saya searching di google cara mengatasinya, ketemu suatu artikel yang memberikan tips bagaimana cara mengatasi laptop yang tidak bisa masuk ke OS windows gara-gara bad sector hardisk yaitu dengan cara mereset settingan di BIOS, akhirnya saya lakuin itu. Bisa sih masuk windows tapi laptop saya masih merestrat sendiri ketika masuk dekstopnya.

Karena pada saat itu ilmu saya tentang harddisk masih sangat cetek jadi saya putuskan cari tempat servis, selidik punya selidik kata teknisinya, sumber masalah laptop saya ada di hardisk yang sudah bad sector karena sudah termakan umur memang harddisk saya sudah berumur 4 tahun lebih. Akhirnya teknisinya menyarankan saya untuk mengganti hardisk baru.
Yah mau ngga mau saya harus mau karena masih ada web yang belum selesai saya buat. Saya akhirnya pasang hardisk baru dengan kapasitas yang lebih kecil daripada yang awal Cuma 500GB dibandingkan yang awal 750GB, dengan total 700 ribu rupiah sekalian pemasangan yang dilakuan oleh teknisi dan instal ulang Win 7. Sebenarnya kalo pasang sendiri jatuhnya lebih murah sekitar 100ribu karena saya memang punya instalan win 7 sendiri. Tetapi karena saya belum pernah bongkar laptop senidiri dan laptop saya termasuk  tipe laptop yang membongkarnya harus bagian per bagian jadi resiko laptop saya bertambah parah semakin besar karena ada kemungkinan baut hilang, lupa cara memasang kembali dsb.

Saya perlu menunggu satu hari untuk mengambil laptop saya, tetapi ternyata teknisinya bilang belum sempet membackup data saya pada hardisk yang lama. Akhirnya saya putusin membeli casing hardisk eksternal dan memasangnya di harddisk internal saya. Jadi deh hardisk internal saya berubah menjadi hardisk eksternal.
Tetapi masalah belum selesai sampai disitu saja. Ada masalah baru karena memang hardisk lama saya sudah mengalami bad sector jadi untuk meload hardisk saya di laptop saja udah agak lemot apalagi untuk membackup datanya. Butuh waktu sehari penuh untuk membackup data.

Karena saya pikir agak sayang apabila hardisk lama saya tidak digunakan karena bad sector. Saya kembali searching di internet bagaimana cara memperbaiki hardisk yang bad sector setelah menemukan beberapa cara, akhirnya saya memilih untuk memformathadisk lama saya dengan menggunakan softwarehdd low level format. Tetapi proses ini sangat memakan banyak waktu bayangkan saja untuk memformat butuh waktu lebih dari 12 jam nonstop. Tetapi memang cara lain pun memakan waktu yang lama juga. Dan sampai saya menulis postingan ini pun saya masih menunggu hardisk saya untuk di format ulang.

Dan hasilnya hardisk internal saya masih bisa digunakan loh.. jadi kesimpulan saya hardisk saya belum mengalami hard bad sector jadi mashi bisa dipakai untuk postingan selanjutnya saya bakalan ngasih tau tentang hardisk yang emngalami bad sector jadi kita sama-sama belajar dan berbagi ya... CMIIW.

Hidup kadang tidak semuanya lancar kesabaran adalah kunci melewati kesusahan yang kita lewati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar